Friday, May 11, 2012

Cermat Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum berinvestasi saham sebaiknya kita harus cermat dalam memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini yang nantinya akan menjaga keamanan dana dan efek (saham) dalam bertransaksi saham. Banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan berbagai fasilitas maupun kemudahan dalam bertransaksi saham baik perusahaan yang berasal dari dalam negeri maupun asing. 
Dengan memilih perusahaan sekuritas yang kredibel dan terpercaya, penggelapan dana seperti yang pernah terjadi pada Sarijaya Permana Sekuritas ataupun investasi bodong seperti PT Sarana Perdana Indoglobal (PT SPI) minim terjadi. Berikut beberapa cara cermat dalam memilih perusahaan sekuritas.
  1. Terdaftar di otoritas pasar modal. Kalau di Indonesia, otoritas pasar modal adalah BAPEPAM-LK. Pastikan bahwa perusahaan sekuritas tempat kita melakukan jual beli saham telah terdaftar. Buka link www.bapepam.go.id untuk mengetahui daftar perusahaan sekuritas yang ada saat ini.
  2. Tidak sedang dalam masalah, tidak melakukan penggelapan dana ataupun yang lain. Untuk perusahaan sekuritas yang sedang disuspend (dibekukan kegiatan usahanya) bisa dilihat di website regulator yang menaunginya. Biasanya perusahaan seperti ini sedang dalam masalah kekurangan likuiditas terkait keuangan perusahaan, sering mendapat komplain dari investornya, kurang tertata sistem pengadministrasian, dan masalah lainnya. Sebaiknya pilih perusahaan sekuritas yang tidak bermasalah. Dengan seringnya sebuah perusahaan sekuritas mendapat teguran dari otoritas di atasnya maka perusahaan tersebut kurang mematuhi peraturan terkait pasar modal. Hal ini menimbulkan persepsi bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang sering melakukan kecurangan dalam melakukan kegiatan usahanya sebagai perantara pedagang efek atau sekuritas.
  3. Menyediakan fasilitas trading yang memadai baik online trading maupun remote trading. Online trading merupakan transaksi saham yang dilakukan melalui media internet. Pastikan kualitas jaringan terhubung dengan baik ke PC yang akan dipakai untuk bertransaksi. Sebaiknya pembukaan online trading dilakukan oleh investor handal yang sudah tahu seluk beluk transaksi saham. Adapun remote trading merupakan transaksi saham yang menggunakan perantara sekuritas dalam melakukan order jual atau beli saham. Kelebihan sistem ini adalah investor baru bisa mendapat saran dari broker tentang rekomendasi saham.
  4. Tidak selalu perusahaan sekuritas yang memiliki kredibilitas baik adalah perusahaan yang dikenal orang dan memiliki investor yang banyak. Adakalanya terlalu banyak investor akan membuat perusahaan sekuritas tersebut kewalahan dalam mengadministrasikan para investornya sehingga investor bukan menjadi prioritas mereka. Pilih perusahaan sekuritas dimana investor bisa merasa nyaman dan sekaligus bisa mendapatkan banyak pengetahuan. Kadangkala perusahaan sekuritas yang tidak terlalu besar namun tertib dan baik dalam mengadministrasikan investor juga bisa membuat  anda nyaman berinvestasi. Dengan jumlah investor yang tidak terlalu banyak, investor bisa saja mendapatkan fasilitas lebih baik dalam bertransaksi misalnya mendapat saran pribadi tentang rekomendasi saham yang akan dibeli, mendapatkan fasilitas pembiayaan margin trading, dll.
  5. Teliti kondisi keuangan perusahaan sekuritas tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat batasan minimal Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) sebuah perusahaan sekuritas. Bapepam-LK telah menetapkan suatu perusahaan sekuritas adalah dalam kondisi keuangan yang baik jika MKBDnya diatas atau sama dengan 25miliar. Dengan MKBD yang memadai maka kecil kemungkinan perusahaan sekuritas tersebut meminjam atau menggunakan aset nasabah untuk kepentingannya. Selain itu, investor juga bisa melihat kondisi finansial dari sebuah perusahaan sekuritas dari laporan keuangannya. Laporan keuangan ini bisa diunduh di internet atau biasanya tercantum di website bursa efek indonesia
  6. Bertanya pada orang yang sudah menjadi investor di perusahaan sekuritas tersebut. Hal ini merupakan salah satu cara mudah untuk mengetahui lebih jauh bagaimana pelayanan perusahaan sekuritas kepada investornya. 
Semoga bermanfaat... :)

1 comments:

 

Mika's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design